18 September 2013

Ibadah Haji

Ibadah Haji adalah ibadah yang teramat mulia. Sungguh sangat sulit sekarang ini untuk berangkat haji dari tanah air kita, karena antrean begitu panjangnya. klo daftar tahun ini bisa jadi berangkatnya 3 sampai lima tahun lagi baru bisa berangkat ketanah Suci Makkah untuk berhaji. namun semua itu tidak menjadi kendala bagi orang yang mampu dan orang di negeri kita sangat merindukan ka'bah ditanah suci. sampai-sampai berbagai cara pun ditempuh dan di jalani untuk bisa berangkat ke sana meskipun dengan cara yang Allah tidak ridhoi. selain itu tidak sedikit yang niatnya selain Allah, hanya ingin mencari gelar. Label  pak Hajilah yang ingin disandang bukanlah ridho dan pahala dari Allah yang dicari. Sampai-sampai ada yang mengharuskan didepan namanya harus dilabeli H.

Keutamaan Haji Mabrur

selain ibadah, haji juga amalan yang teramat mulia, hingga disebut dengan tamunya Allah dan apa saja yang dipanjatkan pada-Nya mudah diperkenankan. dari Ibnu Umar, Nabi bersabda,"Orang yang berperang dijalan Allah , orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, merekapun memenuhi panggilan.oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti Allah beri".
Amalan haji terutama haji mabrur termasuk dalam jajaran amalan yang paling afdhol. dari Abu Hurairah, ia berkata,"Nabi SAW. ditanya ," Amalan apa yang paling afdhol?"Beliau menjawab,"Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya."ada yang bertanya lagi, kemudian apa lagi?"Beliau menjawab,"Jihad dijalan Allah."ada yang bertanya kembali,"kemudian apa lagi?"Haji mabrur",  jawab Nabi SAW."(HR. Bukhori no. 1519)

Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan, Haji dan Umroh termasuk jihad. karena dalam amalan tersebut seseorang berjihad dengan harta, jiwa, dan  badan. Sebagaimana Abusy sya'tsa berkata,' Aku telah memperhatikan pada amalan-amalan kebaikan. Dalam shalat , terdapat jihad dengan badan, tidak dengan harta. Begitu halnya pula dengan puasa. sedangkan dalam Haji, terdapat jihad dengan harta,jiwa dan raganya. ini menunjukkan bahwa amalan haji lebih afdhol." Balasan bagi haji mabrur adalah surga, ini sungguh      balasan yang luar biasa . dari Abu Hurairah, Rasullullah SAW. bersabda,"Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain  surga." (HR. Bukhori no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Apa itu Haji Mabrur?

Al Hasan  Al bashri mengatakan."Haji mabrur adalah jika sepulang haji menjadi orang yang zuhud dengan dunia dan merindukan akherat."
Al Qurthubi menyimpulka," Haji mabrur adalah haji yang tidak dikotori oleh maksiat saat melaksanakan manasik dan tidak lagi gemar bermaksiat setelah pulang haji. Demikian kriteria haji mabrur. kriteria penting haji mabrur adalah dilakukan dengan ikhlas karena Allah semata bukan karena manusia atau ingin mencari pujian ,dan bukan pula ingin disebut ,"Pak Haji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun lebih baik ditulis jangan menggerutu