15 Desember 2011

PENGERTIAN SABAR


Pada dasarnya sabar bermakna "pengendalian diri" dari dorongan emosi (perasaan) maupun rasio (pikiran). pengendalian diri terhadap perasaan dan pikiran disebut dengan kesadaran. jadi pada garis besarnya kesabaran adalah pemantapan kesadaran. Dan kesadaran itulah yang mengendalikan serta mengontrol prilaku manusia agar selalu berada dijalan yang  benar. kita diwajibkan selalu bersabar dalam menghadapi segala macam serta bentuk musibah,. sebagaimana perintah Allah dengan firmannya yang tersebut didalam QS. 31- Luqman :17 ;

"hai anakku, dirikanlah shalat dan serulah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu,sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan  (oleh ALLAH)."




firman Allah tersebut didalam QS.52 - AT-Thur :48-49:


yang artinya:


48.  Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri
49. Dan bertasbihlah kepadaNYA disebagian waktu malam hari dan diwaktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).


firman ALLAH tersebut didalam QS.70 - AL Ma'arij: 5;
yang artinya; 


"maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik."


firman ALLAH tersebut dalam QS. 2 - Al Baqoroh :153


yang artinya ;


"hai orang -orang yang beriman mintalah pertolongan (kepada ALLAH) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya ALLAH beserta orang-orang yang sabar." 




demikianlah arti ringkasan sabar yang sering kita dengar setiap harinya semoga kita mampu untuk tetap bersabar atas Ujian yang sering menimpa kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun lebih baik ditulis jangan menggerutu