22 Desember 2012

BEGINI CARANYA ATASI SAKIT HATI

Rasanya hampir setiap hari orang pernah mengalami sakit hati yang diakibatkan berbagai hal. Misalnya ketika teman-teman anda membicarakan keburukan Anda dibelakang, diselingkuhi, atau bahkan dikritik seorang bisa membuat Anda sakit Hati.
Berbagai reaksi dan respons untuk mengatasi sakit hati ini pun berbeda-beda. ada yang menyikapinya secara positif, namun ada juga yang justru membiarkan rasa sakitnya berkembang disimpan dalam hati dan menjadi dendam. Padahal sebenarnya Anda tak perlu mendiamkan sakit hati sampai berkepanjangan karena hal tersebut merugikan diri Anda sendiri. Bukankah hidupa akan menyenangkan tanpa adanya rasa sakit hati terhadap seseorang. Pada dasarnya setiap orang mampu mengambil sisi positif dari penyebab sakit hati tersebut. Dengan merasakan sakit hati secara tidak langsung berarti anda bisa bertanya pada anda sendiri kesalahan dan kekurangan pada diri Anda, dan bisa memperbaiki diri Anda sendiri setelahnya,. Butuh jiwa yang besar untuk memiliki hati yang lapang dan menerima segala masalah penyebab sakit hati Anda.
Berikut ini adalah cara yang bisa membantu Anda menerima rasa sakit hati sehingga And akan lebih mudah untuk mengatasinya;


  1. Tak ada yang salah dengan sakit hati. Langkah pertamayang harus dilakukan adalah untuk menerima kehadiran hal ini dan tidak menyalahkan orang lain. Orang lain tidak bertanggung jawab untuk perasaan Anda, namun Andalah yang bertanggung jawab untuk menjaga perasaan Anda sendiri.
  2. Ekspresikan rasa sakit hati. Ketika merasakan sakit hati, sebaiknya ungkapkanlah dan ekspresikan rasa ini, namun sebaiknya dengan berbagai cara yang positif. Rasa sakit hati jangan membuat Anda melukai diri Anda sendiri yang bisa menyebabkan Anda merasakan sakit hati berkepanjangan. Mneyimpan perasaan sakit hati ini sampai jangka waktu yang lama inilah yang nmenyebabkan adanya adanya masalah dalam diri kita sendiri maupun dalam hubungannya dengan orang lain. Ekspresi berbagai rasa skit hati ini bisa beragam misalnya dengan menangis, berteriak, atau bercerita kepada sahabat Anda. Namun pastinya membutuhkan waktu untuk menyembuhkannya. "Percayalah, setiap orang punya cara untuk membebaskan kekuatan hati kita untuk menghilangkan perasaan sakit hati"
  3. Ambil sisi positif. tak ada gunanya menyalahkan orang lain, ambil sisi positif ketika Anda mengalaminy. Menyalahkan orang lain justru hanya akan membuat Anda merasakan sakit hati yang lebih dalam dan lama. akan mudah untuk melihat akar permasalahan dan penyebab hal ini terjadi, dan bahkan bisa belajar untuk memperbaiki diri.
  4. Jangan simpan dendam. sakit hati berkepanjangan bisa berubah menjadi dendam. hal yang terpenting untuk mengatasi hal ini adalah rasa sakit hati Anda tidaklah lebih kuat dari Anda sendiri. Jangan biarkan perasaan ini  membuat hidup Anda justru terganggu. terima masalah, belajar dari kesalahan , dan move on!*

11 komentar:

  1. mantap tipsnya gan..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey gan makasih kunjungannya, kritik saran ditunggu, salam sukses

      Hapus
  2. Balasan
    1. makasih mas mulia telah berkunjung, kritik sarannya ditunggu. semoga sukses

      Hapus
  3. Cara terbaik saya mengatasi sakit hati adalah "Menyiibukkan diri" cuma itu yang bisa membuat saya bsa melupakan sgala sesuatu..terutama "bila sakit hati"

    nice info mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih juga mas abdul tipsnya, bisa juga, semoga sukses mas abdul

      Hapus
  4. enaknya mau dikomen ap? ksh komen sendiri gmn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikomen artikelnya dan gaya bahasanya

      Hapus
    2. emang gaya bahasa gmn??? ksh komen sendiri dunk artikelnya... kurang lebihnya seperti ap???

      Hapus
  5. iya itu benar, jangan dendam apabila sakit hati, lagipula mungkin itu cobaan dari Allah SWT

    BalasHapus

komentar yang membangun lebih baik ditulis jangan menggerutu