30 Desember 2011

Menghitung dan Menata ulang Hidup Kita




Berapakah usia anda hari ini? Rasullah pernah mengatakan rata-rata umur ummatnya hanya seputar 60-70 tahun saja. Nah sekarang, marilah kita hitung dengan matematika sederhana saja. biasa jadi, kita diberi Allah usia samapai 70 tahun. tetapi bisa saja tidak. marilah kita pilih ditengah, anggap saja, kita diberikan umur 50 tahun saja. 
50 tahun telah menghabiskan sekitar 18.250 hari atau setara dengan 458.000 jam. itu andaikan kita menggunakannya 24 jam sehari semalam penuh melakukan aktivitas. faktanya, kebanyakan manusia membutuhkan waktu istirahat, tidur,nonton, jalan-jalan,berbelanja,bergurau dll. Anggap saja waktu tidur kita adalah 8 jam/hari. maka dalam masa 50 tahun, waktu yang telah kita habiskan untuk tidur memakan waktu 146.000 jam atau sama dengan 16 tahun 7 bulan (di bulatkan 17 tahun). betapa sia-sianya kita menghabiskan waktu dalam 17 tahun hanya untuk tidur. 
Selain tidur, umumnya kegiatan manusia di siang hari adalah bekerja, belajar,mengajar, makan, jalan-jalan, istirahat atau ngerumpi. jika semua waktu itu memakan 4 jam rata-rata, maka dalam 50 tahun waktu yang dipakai untuk istirahat, ngerumpi,jalan-jalan dll, membutuhkan (18.250 hari x 4 jam) atau 73.000 jam. ini setara dengan 8 tahun. jadi, selama 50 tahun itu pula kegiatan kita untuk tidur, jalan-jalan, ngerumpi, nonton, istirahat memakan waktu 17 tahun + 8 tahun atau menghabiskan waktu 25 tahun. jika usia anda hari ini 20-25 tahun maka tinggal mengurangi 10 tahun "angka sia-sianya. maka hasilnya tetap sama ,hampir separuh masa hidup kita telah hilang dengan sia-sia. 
Masalahnya, apakah benar semua kegiatan kita bekerja,kuliah, istirahat, makan-makan, jalan-jalan kita,. digunakan tujuan puncak, yakni hanya mengabdikan diri kepada Allah SWT. andakan persepsi ibadah kita hanya 5 x sehari semalam, berarti semua itu masih memenuhi tujuan penciptaan kita.
berapa lama kita shalat selama 50 tahun?? atau berapa lama  waktu shalat yang kita lakukan selama 20-25 tahun usia kita ini??
untuk sekali shalat, orang menghabiskan waktu 10 menit. ini berarti dalam  5x shalat (menghabiskan waktu sekitar 1 jam ). maka, dalam 50 tahun waktu yang kita gunakan untuk shalat = 18.250 hari x 1 jam = 18.250 jam. setara dengan 2 tahun. masa 50 tahun didunia hanya 2 tahun untuk shalat? ini, bagi yang shalat yang memakan waktu 10 menit. kalau shalatnya ekspres lalu bagaimana? 
2 tahun dari 50 tahun kesempatan, itupun belum dapat dipastikan shalat kita memberi efek pada perubahan pola pikir dan pembentukan akhlak yang mulia. meminjam istilah hasan Al Banna, barangsiapa yang mengisi waktunya hanya untuk bersenda gurau berarti melupakan misi kehidupannya. mudah-mudahan, kita bisa memanfaatkan kesempatan hidup ini jauh lebih baik lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar yang membangun lebih baik ditulis jangan menggerutu